Perbedaan Yang Tidak Berbeda!

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sebelum anda membaca artikel ini, pastikan anda bukan orang yang mudah sekali baper, karena jika anda baper setelah membaca ini mungkin anda terkena penyakit sakit hati, serangan jantung, hipotermia, gagal ginjal, pusing, mual, gigi kuning, gangguan kehamilan dan janin. Karena isi artikel ini mengandung unsur candaan dan bukan mengandung unsur senyawa kimia apalagi mengandung anak haram.


Kita ini tinggal di Negara yang mana banyak sekali perbedaan, salah satunya kuliner. Mengenai kuliner Nusantara. Hmmm....mengenai satu hal ini pasti tidak akan ada habisnya. Karena kuliner Nusantara "sangat" banyak dan beragam. Hmmm...."sangat" banyak, kok begitu? Mungkin dari kita ada yang belum menyadirinya. Karena sebagian besar daerah punya makanan "khas" masing-masing. Padahal yang sebenarnya adalah hanya penamaan daerah saja disetiap masakannya.

Contoh saja saat kita berkunjung ke Lamongan, ada makanan khasnya Soto Lamongan. Kemudian berkunjung ke banjarmasin, ada Soto banjar. Ada juga kita ke Purwakarta namanya soto sadang. Mereka beralibi bahwa disetiap daerah mereka memang rasa masakannya berbeda dan menyimpulkan bahwa rasa soto mereka lebih enak. Tapi Makan soto disetiap daerah mereka menurut saya sama, pakai kuahnya kuah soto. Tidak pernah saya makan misal soto di Lamongan pakai kuahnya kuah soto, tapi di Purwakarta makan soto betawi kuah pakai oli samping, atau di Bajarmasin pakai kuahnya bensin pertamax. Kan ngak ada kayak begitu. Makan soto ya pasti kuahnya kuah soto kan.

Ada lagi sate madura, sate padang, sate maranggi dari Purwakarta. Kan sama-sama sate, bahan dasarnya daging. Mana ada sate maranggi dari Purwakarta pakai daging ayam atau kambing, sate madura pakai daging kecoa, atau sate padang pakai kampas kopling. Kan tidak mungkin? Hmmm....berbedahkah, atau sama saja. Segitu banyaknyakan kuliner Indonesia? Tapi yang satu hal yang pasti adalah makanan Indonesia tidak salah, pasti enak-enak walaupun berbeda-beda jenis masakan daerah masing-masing.


Oh iya, ngomong-ngomong perbedaan. Satu hal yang menarik juga untuk dibahas mengenai pebedaan. Saya tidak membahas perbedaan daerah, ras, atau suku. Saya membahas mengenai penulisan dan bacaan. Berbeda tulisan, berbeda bacaan, juga berbeda makna. Hmm... seperti apa ya?

Seperti contoh nama daerah Purwakarta dan Purwokerto. Hampir sama, beda penyebutannya dan berbeda artinya. Purwakarta adalah nama suatu kota di Provinsi Jawa Barat, sedangkan Purwokerto adalah nama suatu kota di Provinsi Jawa Tengah. Penulisan hampir-hampir mirip, tapi berbeda. Juga jangan salah untuk membacanya lo. Mungkin orang Jawa membaca Purwakarta itu Purwokerto, karena bahasa Jawa huruf vokal A dibaca O. kayak, Apa jadi opo, masak jadi mosok. Ronda jadi......ingat tetangga sebelah rumah. Repot jadinya.

Contoh lainnya yang ada lagi berbeda tapi artinya sama, seperti gulai dan gule. Mereka tulisannya berbeda, bacaannya berbeda tapi artinya sama. Kata gulai biasa digunakan oleh orang daerah Sumatra, sedangkan gule niasa digunakan oleh orang Jawa. Namun keduanya sama-sama makanan berkuah khas Indonesia dan berkolesterol. Untuk anda punya penyakit darah tinggi dan masih ingin melihat indahnya Gunung Bromo jangan sekali-kali makan-makanan ini, karena jika anda makan-makanan ini, belum sempat melihat indahnya Gunung Bromo, anda mampir dulu kerumah sakit.

Ada juga perbedaan kata lainnya yang beda penulisan maupun bacaannya tapi sama maknanya. Seperti aqiqah, aqiqoh, atau akikah. Hmmm....mana yang benar? Jika berpatokan kamus Besar Bahasa Indonesia yang benar adalah akikah. Namun jika diarab tulisannya aqiqah, tapi bacaannya aqiqoh. Hmmm....semakin bingung sajakan? Yang jelas ketiganya memiliki arti sama, yaitu memotong. Dan biasanya kalau ada acara aqiqah masyarakat Indonesia memotong kambing yang biasanya dijadikan sate, gulai, krengsengan dan berbagai macam olahan daging kambing lainnya. Tapi jangan dibaca oleh cowok yang jarinya lentik ya (cowok setengah cewek), nanti artinya jadi beda. Karena arti akikah itu aku, akikah sis...yuk cus!

Sekali lagi hati-hati ya, jangan sampai salah. Sama seperti memilih aqiqah juga jangan salah memilih. Aqiqah yang paling recommanded ya AQIQAH NURUL HAYAT lah, aqiqah pilihan para artis. Masakan Nusantaranya yang khas dengan harga terjangkau. Hadir dilebih dari 60 kota di Indonesia.

Oh iya....ngomong-ngomong tadi soal kota Purwakata dan kuliner, ada info bagus juga nih untuk warga Purwakarta. Sekarang AQIQAH NURUL HAYAT hadir di Purwakarta loh. Hmmm....jadi tambah banyak lagikan kuliner di Purwakarta. Dan untuk yang ingin aqiqah pun tak perlu repot-repot lagi untuk masaknya, cukup pesan aqiqah di AQIQAH NURUL HAYAT Purwakarta saja, tepatnya di Jalan RE. Martadinata Gg. Rusa I No. 9, Nagri Tengah, Purwakarta. Telp/WA. 082213459900. Yuk warga Purwakarta yang belum melaksanakan ibada aqiqah segera tunaikan sabda Rasul yang satu ini.

Soal rasa ngak usah ditanya lagi deh. Sekali coba rasa masakan AQIQAH NURUL HAYAT pasti langsung jatuh cinta, recommanded lah pokoknya. Percayakan aqiqah anda di AQIQAH NURUL HAYAT insyaallah kepuasan anda dapat, berkah juga dapat.


Info lengkap bisa kunjungi websitenya di aqiqahnurulhayat.com
Atau bisa hubungi langsung official WA di https://klikwa.com/aqiqahnurulhayat

Main-main juga ke website mimin yang lain di bukansekedarartikel.blogspot.com, yang membahas hal-hal yang lucu dan menarik lainnya.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa bersyukur.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kambing Aqiqah Makassar

Gule Kambing Enak di Purwakarta

LAYANAN AQIQAH NURUL HAYAT DI JAKARTA SELATAN